Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan Penanaman Pohon Serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari Minggu, 14 Januari 2024. Penanaman di wilayah D.I.Yogyakarta dilaksanakan di Area Bandara Internasional Yogyakarta, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.  Peserta penanaman kurang lebih berjumlah 150 orang berasal berasal dari unsur KLHK, DLHK DIY, DLH Kulon Progo, PT Angkasa Pura, Perum Perhutani, serta Masyarakat sekitar Bandara.

Penanaman ini merupakan program penghijauan lingkungan dan upaya menambah vegetasi area hijau di sekitar Bandara dengan menanam tanaman jenis estetika yaitu jenis Tabebuya (Tabebuia rosea) dan Ketapang Kencana (Terminalia mantaly) sebanyak 140 batang dengan luas penanaman 0,5 Ha. Kegiatan penanaman pohon serentak ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Ma’ruf Amin di Serang Provinsi Banten dan terhubung melalui video conference dengan seluruh Provinsi.

“Manfaat menanam pohon tidak hanya kayu sebagai fungsi ekonomi, namun juga memiliki fungsi sosial dan ekologis”, mengutip sambutan Wapres. “Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengagendakan penanaman lanjutan pada bulan Februari, Maret dan April 2024 di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon bersama seluruh elemen masyarakat” ucap Menteri LHK.

Salam Lestari.

 

Sumber informasi: Nona Endah Puspitasari (Penyuluh Kehutanan Balai KSDA Yogyakarta)
Penulis naskah: Nona Endah Puspitasari (Penyuluh Kehutanan Balai KSDA Yogyakarta)
Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta
Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)