Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta kembali translokasi satwa dilindungi jenis Kukang Jawa ke Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ciapus Bogor Jawa Barat yang menjadi mitra Balai Besar KSDA Jawa Barat pekan lalu. (15/1). Kegiatan translokasi Kukang jawa (Nycticebus javanicus) berjumlah 8 ekor yang berasal dari Stasiun Flora Fauna Bunder sebanyak 6 ekor sedangkan Gembiraloka Zoo sebanyak 2 ekor. Sementara itu delapan individu tersebut merupakan hasil barang bukti dari Polairud - Polda Yogyakarta yang selama ini dititip rawat dan rehabilitasi di Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder Gunungkidul dan Gembiroka Zoo.

Di tempat terpisah Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Bapak Lukita Awang Nistiyantara, S.Hut.,M.Si meyampaikan bahwa giat translokasi tersebut merupakan tindak lanjut rekomendasi persetujuan translokasi dari Direktur Keanekaragaman Hayati KLHK. Hal ini juga bersinergi dengan adanya koordinasi dengan Balai Besar KSDA Jawa Barat dan YIAR dalam rangka translokasi Kukang jawa. Lebih lanjut, bahwa proses rehabilitasi ini belum tuntas mengingat satwa tersebut masih butuh proses rehabilitasi di tempat pusat rehabilitasi primata seperti yang dilaksanakan di YIARI, sangatlah bijak untuk mempercepat proses rehabiltiasi dan pelepasliaran kami kirim kesana, tutur Lukita. Penandatanganan Berita Aacara Serah Terima Satwa dilaksanakan di Kantor Seksi Wilayah II BBKSDA Jawa Barat di Bogor yang diwakili oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Bogor Bapak Mugi Kurniawan, S.Hut.,M.Sc., Bidang Konservasi SDA Wilayah II BBKSDA Jawa Barat.


Sementara itu Lukita Awang juga mengapresiasi kegiatan translokasi ini, Saya berterima kasih kepada semua mitra yang turut serta membantu translokasi ini, jelasnya. Kita berharap bahwa proses rehabilitasi dan pelepasliaran nanti dapat berjalan sesuai rencana.

Sumber informasi: Riza Ramadhana Suprapto, S.Hut (Penyuluh BKSDA Yogyakarta)
Editor Naskah: Y. Andie Chandra H, S.hUt., M.Sc (PEH Balai KSDA Yogyakarta)
Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si.
Kontak informasi:  Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)